Ekstra Kurikuler

Pengertian

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang berada di luar program yang tertulis di kurikulum dan umumnya pihak sekolah menyediakan waktu satu atau dua hari untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jumat dan sabtu. Ekstrakurikuler sangat berguna untuk pengembangan hobi, minat dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain pelaksanaan kegiatan ini merupakan suatu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar melakukan kegiatan yang lebih positif.

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah diharapkan dapat menjadi wadah untuk penyaluran energi para siswa. Jenis kegiatan ekstrakurikuler pun sangat beragam baik itu seputar olah raga, kesenian, keterampilan ataupun pengetahuan.

Pramuka

Pramuka adalah organisasi yang mendidik para anggotanya dalam berbagai keterampilan, disiplin, saling menolong, kepercayaan pada diri sendiri dan sebagainya. Pramuka juga disebut gerakan kepanduan. Di SDIT Insan Mulia kegiatan ekstrakurikuler pramuka ini dilaksanakan pada hari Jumat.

Olah Raga :

*  Futsal

Kegiatan Ekskul Futsal yang bertujuan untuk melatih dan mengarahkan minat siswa serta mengarahkan bakat siswa, Bertempat di Lapangan Desa Panisihan. Kegiatan dengan pemanasan dengan berlari mengelilingi lapangan, dilanjutkan dengan melatih otot-otot agar tidak kaku ketika bermain. Melakukan operan, tendangan dan membuat strategi menjadi salah satu materi yang diberikan ketika ekskul futsal berlangsung.

*  Taekwondo

Taekwondo ialah seni beladiri yang berasal dari Korea, Taekwondo merupakan salah satu ekstra kurikuler yang berorientasi dibidang ilmu bela diri.

*  Panahan

Panahan dilaksanakan di lapangan Panisihan.

*  Bulutangkis

Bulutangkis adalah bentuk permainan yang dilakukan oleh dua orang (dalam permainan tunggal) atau empat orang (dalam permainan ganda). Menggunakan rangkaian bulu yang ditata dalam sepotong gabus sebagai bolanya, dan raket sebagai alat pemukulnya, di atas sebidang lapangan. Inti permainannya adalah memasukkan bola di bidang lapangan lawan yang dibatasi oleh jaring (net) setinggi 1,55 m dari permukaan lantai, dengan memukulkan raketnya, atas dasar peraturan tertentu. Di SDIT Insan Mulia ekstrakurikuler bulutangkis dilaksanakan di luar sekolah yaitu di Gedung Bulog setiap hari Sabtu jam 08.00-10.00 WIB.

Seni :

*  Musik

Musik sebuah seni dalam memaikan alat musik dan menyanyi, selain membawakan lagu, musik menyampaikan pesan bentuk alunan musik memaikan alat musik dan menyayi tidaklah mudah sehingga memerlukan latihan dan bimbingan yang lebih baik sehingga menghasilkan musik. Ekstrakurikuler musik ini menggunakan perlengkapan musik keyboard milik SDIT Insan Mulia dan beberapa alat musik pribadi yang dibawa oleh masing-masing siswa anggota ekskul musik.

*  Theater / Drama

Seni Peran melatih untuk lebih menjiwai peranan dalam kehidupan kita sehari-hari. Menjiwai peranan tidaklah mudah sehingga memerlukan pemahaman yang lebih sehingga menghasilkan peranan yang indah. Ekstrakurikuler ini juga sering tampil dalam pertujukan-pertunjukan penting seperti acara Akhirussanah kelas 7 dan pertunjukan sekolah lainnya.

* Lukis

Goresan pensil dalam kanvas menghasilkan lukisan-lukisan nan menawan. Hasil karya ekstrakurikuler ini juga dipamerkan dalam berbagai pameran seperti dalam pameran SDIT dan pameran gelar karya siswa yang dilaksanakan setiap tahun.

*  Kaligrafi

*  Qiroah

Lantunan Al Qur’an akan semakin mudah diresapi dan menentramkan jiwa jika membacanya disertai dengan murotal. Butuh latihan untuk memiliki penguasaan nada. Ekstrakurikuler qiroah ini dilaksanakan setiap hari jumat.

Ilmiah :

*  Komputer

Microsoft Word, Excell, Power Point, Hijaiyah

*  Tahfidz

Tahfidz ialah kegiatan menghafal Al Qur’an yang dibimbing oleh seorang guru tahfidz yang memiliki kemampuan membaca Al Qur’an sesuai dengan kaidah Ghorib dan Tajwid. Fungsi dari tahfidz sendiri adalah agar anak-anak dapat menghafal Al Qur’an sekaligus melatih daya ingat. Cara-cara yang digunakan untuk menghapal pun beragam, mulai dari menghafal bersama-sama maupun masing-masing di tempat yang terpisah. Kuota yang harus dihafalkan adalah Juz 1 (juz 30 dan juz 29 sudah dalam KBM).

Bahasa :

*  Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang telah banyak digunakan berbagai negara di dunia. Untuk menyerap informasi dari berbagai belahan dunia, untuk itu anak diharapkan mampu menguasai bahasa inggris disamping kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Arab.

*  Sastra

Setiap bahasa memiliki keindahan dan kekayaan kata. Seni sastra memiliki peran penting dalam dunia jurnalisme dan kepenulisan. Ekstrakurikuler sastra ini dapat menjadi jembatan untuk menyalurkan hobi membuat puisi, cerita, atau sekedar menulis opini. Sekaligus menjadi ajang pembibitan para penulis muda yang diharapkan dapat berprestasi dalam bidang authorship tanah air.

 

Tujuan :

*  Tujuan Umum

Dengan terpeliharanya minat dan bakat para siswanya, sekolah memiliki bibit-bibit unggul yang siap di berkompetisi di berbagai jenjang perlombaan baik itu di tingkat kecamatan, kota, propinsi maupun nasional. Secara otomatis ini dapat meningkatkan kualitas akademik maupun non akademik di mata masyarakat lokal dan tingkat nasional. Di samping itu juga dapat meningkatkan keterampilan karya siswa.

*  Tujuan Khusus

Mengembangkan minat dan bakat siswa pada bidang ekskul yang dipilihnya., sehingga minat dan bakat tersebut dapat terfasilitasi dengan baik. Diharapkan dikemudian hari dapat membawa kemanfaatan bagi kehidupan pribadi masing-masing siswa.